Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Kamis, 26 April 2012

Cara Optimasi Situs Web secara Off-page (Eksternal)

Optimasi off-page adalah teknik SEO untuk mengoptimalkan popularitas situs web Anda. Jika situs atau blog telah online beberapa saat dan tampaknya belum ada tanda-tanda kunjungan yang bersumber dari referensi halaman hasil pencarian search engine, maka ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan.

SEO Off-Page

Mendaftarkan Diri ke Search Engine

Agar cepat dikenali search engine, daftarkan URL Anda ke beberapa search engine populer. Caranya bisa Anda lakukan secara manual maupun menggunakan tool submitter.
Pendaftaran secara manual cukup mudah. Anda tinggal mengetikkan alamat pendaftaran URL search engine yang Anda inginkan, lalu isikan URL/alamat utama situs Anda di kotak yang tersedia. Berikut beberapa alamat pendaftaran URL di search engine populer:
Untuk mendaftarkan diri secara otomatis ke berbagai search engine sekaligus, Anda cukup mengakses alamat situs penyedia tool submitter. Isikan URL situs Anda dan jalankan tool, maka submitter akan menampilkan proses pendaftaran URL Anda ke beberapa search engine. Tool submitter online untuk mendaftarkan URL secara otomatis antara lain :
  • SubmitExpress: http://www.submitexpress.com/
  • ScrubTheWeb: http://www.scrubtheweb.com/addurl.html
Catatan: beberapa search engine populer tidak menyukai keberadaan tool submitter. Lakukan pendaftaran URL secara manual ke search engine terbaik semacam Google, Yahoo!, dan Bing. Adapun tool submitter bisa Anda pakai untuk mendaftarkan URL Anda ke search engine alternatif.

Mendaftarkan Situs ke Direktori Web

Cara paling populer untuk mendapatkan link berkualitas adalah dengan mendaftarkan situs ke layanan direktori web. Direktori web adalah layanan katalog alamat internet yang digolong-golongkan berdasarkan kriteria tertentu. Sebagian besar layanan direktori web disediakan secara gratis.

Berikut alamat beberapa direktori web untuk mempopulerkan situs Anda :

Direktori Web Global:
Direktori Web Indonesia:

Bertukar Link

Aktivitas mutual yang sering dilakukan para blogger adalah saling bertukar link. Meskipun bobotnya tidak sebagus link satu arah, Anda bisa memakai cara ini untuk menggaet pengunjung baru.

Berpromosi di Social Media

Kini hadir beragam layanan web berbasis sosial yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat saling berinteraksi dan bersosialisasi. Contohnya Facebook (Social Networking), Twitter (Micro Blogging), serta Digg (Social Bookmarking). Beberapa contoh social bookmark Indonesia:
Selain untuk bersosialisasi di internet, Anda bisa memakai layanan-layanan ini sebagai media promosi efektif.

Media Promosi Alternatif

Selain media promosi seperti di atas, ada layanan lain yang bisa Anda gali potensinya menjadi media promosi gratis. Di antaranya email, milis, forum, dan chatting. Prinsipnya ikuti perkembangan dan lihat peluang yang ada!


3 komentar:

  1. aku sangat suka sekali membaca artikel yg diberikan oleh blog ini, karena gaya penulisannya yg mudah dipahami dan sangat menarik

    BalasHapus
  2. bagus sekali sob
    saya akan mencoba nya
    :D

    BalasHapus
  3. "beberapa search engine populer tidak menyukai keberadaan tool submitter. Lakukan pendaftaran URL secara manual ke search engine terbaik semacam Google, Yahoo!, dan Bing. Adapun tool submitter bisa Anda pakai untuk mendaftarkan URL Anda ke search engine alternatif. " Maaf sob kurang saya kurang jelas, dampaknya apa ya sob kalo kita menggunakan submitter scrubtheweb?

    BalasHapus