Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Sabtu, 07 April 2012

Mengenal Komputer dan Jenis-jenisnya

Apakah komputer itu? Komputer adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur tertentu. Komputer tersusun atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Hardware atau perangkat keras adalah fisik komputer, mulai dari papan ketik, layar, komponen, hingga piranti pendukung seperti printer. Software atau perangkat lunak adalah program komputer, mulai dari sistem operasi, aplikasi, hingga bahasa pemrograman.

Personal Computer (PC)

Dewasa ini komputer telah berkembang menjadi berbagai jenis, sesuai ukuran dan kegunaannya. Berikut ini jenis-jenis komputer yang telah berkembang :
  • Personal Computer (PC) atau Microcomputer, yaitu komputer yang didesain untuk dipakai oleh perorangan. Komputer jenis ini yang lazim kita temukan, baik PC Desktop yang ada di meja-meja perkantoran, maupun Laptop yang bisa dibawa ke mana-mana itu.
  • Desktop, komputer PC yang didesain untuk dipasang secara permanen di satu tempat. Jenis inilah yang telah lama dikenal masyarakat luas.
  • Laptop atau Notebook dan Netbook, komputer PC yang didesain untuk bisa digunakan secara fleksibel, mudah berpindah lokasi, dan lebih hemat energi. Penggunaannya semakin populer dewasa ini.
  • Personal Digital Assistant (PDA) atau komputer genggam, yaitu komputer yang didesain ringkas tanpa keyboard dan berukuran mungil. Pengoperasiannya melalui layar sentuh.
  • Workstation, komputer PC berspesifikasi teknis dan kemampuan yang lebih tinggi untuk dipakai dalam kerja berkelompok.
  • Server, komputer berspesifikasi teknis yang tinggi, digunakan sebagai induk jaringan komputer. Tugasnya melayani komputer-komputer di jaringannya.
  • Mainframe, komputer server berskala besar, biasanya digunakan untuk server di kalangan perusahaan besar.
  • Supercomputer, gabungan beberapa komputer yang didesain untuk bekerja secara paralel membentuk sebuah sistem komputer, seakan-akan menjadi sebuah komputer super.
  • Wearable Computer, aplikasi komputer yang diintegrasikan dengan perangkat teknologi lain, seperti pada jam, ponsel, dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar