Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Senin, 11 Juni 2012

Mengenal Domain Name dan Cara Memilikinya

Seperti yang telah disinggung pada posting sebelumnya, sebuah website dapat diakses melalui alamat nama domain-nya. Nama domain atau Domain Name dapat Anda miliki dengan cara membayar atau memperolehnya secara gratis.
 
Domain Name Berbayar

Domain berbayar umumnya diminati kalangan yang ingin membangun website profesional. Untuk domain berbayar, Anda harus melakukan registrasi dan membayar sewa nama domain per tahun. Biayanya saat ini kurang lebih sekitar Rp. 100.000/th. Perolehannya dapat Anda lakukan melalui situs-situs layanan jasa registrasi nama domain. Susunan alamat yang akan Anda peroleh misalnya namaanda.com atau namaanda.co.id.


Domain Name yang Anda sewa ini disebut Top Level Domain (TLD). Secara umum ada 2 jenis domain utama yang digunakan orang, yaitu gTLD dan ccTLD. Masing-masing dapat Anda tengarai dari akhiran di susunan nama domain.  

  • Generic Top Level Domain (gTLD) : Merupakan domain utama, biasanya menggunakan kode akhiran tiga huruf. Kode ini awalnya untuk menunjukkan fungsi penggunaannya, namun kini sebagian sudah tidak demikian karena dapat dimiliki siapa saja. Contohnya adalah .com (komersial), .net (institusi internet), dan .org (organisasi). Contoh yang terbatas kepemilikannya antara lain .mil (militer), .gov (pemerintahan), dan .edu (edukasi). Daftar gTLD selengkapnya dapat Anda periksa di http://en.wikipedia.org/wiki/Generic_top-level_domain.
  • Country Code TLD (ccTLD) : Merupakan domain utama yang disediakan bagi negara-negara di dunia. Misalnya domain .id (Indonesia), .uk (Inggris), atau .jp (Jepang). Daftar ccTLD selengkapnya dapat Anda periksa di http://en.wikipedia.org/wiki/Country_code_top-level_domain.
    Untuk Indonesia, ccTLD .id dibagi-bagi lagi sesuai fungsi penggunaannya. Misalnya .co.id (perusahaan), or.id (organisasi), dan .go.id (pemerintah). Daftar selengkapnya dapat Anda periksa di http://www.pandi.or.id/ketentuan-dan-kebijakan/.

Domain Name Gratis

Domain gratis biasanya disediakan oleh situs layanan web hosting gratis atau layanan web blog. Domain yang diberikan umumnya bukan domain utama, melainkan sub domain. Susunan alamat domain yang akan Anda peroleh adalah namaanda.domain.com atau domain.com/namaanda.

Contoh penyedia domain (plus hosting) gratis adalah situs http://www.000webhost.com/. Sedangkan penyedia web blog gratis antara lain situs http://www.wordpress.com/ dan http://www.blogger.com/.
Jangan bingung membedakan website dan web blog. Blog secara teknis sebenarnya adalah website juga. Perbedaannya hanya terletak pada cara pengelolaannya saja.

Domain gratis cocok untuk membangun website/blog personal atau untuk keperluan belajar. Namun, susunan alamatnya yang panjang menjadikan website sulit dihapal orang dan berkesan tidak profesional.

Dewasa ini juga berkembang jasa gratis untuk memperpendek URL domain, yang disebut URL Redirection atau URL Forwarding. Melalui jasa ini, nama domain gratis yang cukup panjang dapat disingkat agar lebih mudah dihapal. Contoh penyedianya adalah co.cc, co.nr, dot.tk, dan tinyurl.com.


1 komentar:

  1. Saya ingin belajar banyak cara membuat website dengan nama domain dan hosting berbayar. Tapi masih belum menemukan web penyedia nama domain dan hosting yg bagus dan dapat dipercaya. Mohon pencerahannya...!

    BalasHapus