Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Kamis, 02 Agustus 2012

Instalasi CMS dan Script Aplikasi Web via Fantastico

Di jaman yang serba instan, Anda juga dimungkinkan untuk memiliki sebuah website atau blog secara cepat. Hanya dengan 2 atau 3 kali klik saja, sebuah website dapat tercipta dan siap digunakan. Bagaimana bisa ? Ini berkat adanya script otomatisasi instalasi web di hosting. Salah satu script populer dan paling banyak digunakan di internet adalah Fantastico seperti yang telah diulas pada posting sebelumnya.

Sebagai contoh, berikut langkah menginstal aplikasi blog (blog engine) WordPress dari Fantastico. Sebagai catatan, apapun aplikasi web atau CMS yang akan Anda install via Fantastico, prosedurnya hampir serupa.
  1. Login ke cPanel website Anda. Lokasinya di http://www.situsanda.com/cpanel.
  2. Setelah cPanel Anda tampil, scroll layar ke arah kelompok Software / Services. Klik ikon Fantastico De Luxe.
  3. Pilih aplikasi web yang ingin Anda install. Klik item aplikasi web untuk membaca deskripsi masing-masing. Untuk menginstal WordPress, klik link WordPress.
  4. Baca deskripsi, terutama di bagian kebutuhan space untuk instalasi dan ketersediaan space di hosting Anda. Jika space hosting Anda mencukupi, maka Anda dapat mulai menginstal aplikasi web. Klik New Installation.
  5. Pada form instalasi, isikan username, password, dan email admin website atau blog nantinya. Nilai Install on domain biasanya tidak perlu diubah. Install in directory juga tidak perlu diisi jika ingin menginstal di alamat domain utama (domain.com). Jika diisi, maka nanti alamatnya menjadi domain.com/nama (menjadi sub direktori).
  6. Anda dapat menambahkan nama lengkap admin, nama situs, dan deskripsi singkatnya. Nanti Anda juga dapat mengeditnya belakangan dari halaman admin website atau blog Anda. Klik Install WordPress.
  7. Hasilnya akan muncul ringkasan tindakan yang akan dilakukan Fantastico. Anda tidak perlu bingung dengan informasi yang ditampilkan, intinya database akan dibuat dan web atau blog siap diinstal. Klik Finish installation.
  8. Instalasi pun diselesaikan. Konfirmasi seperti username dan password admin akan ditampilkan untuk Anda catat. Jika Anda takut kelupaan, isikan alamat email Anda untuk mendapatkan salinan informasi hasil instalasi Anda. Klik Send Email dan email pun dikirimkan.
  9. Sekarang Anda dapat memeriksa website atau blog yang telah terinstal. Kini Anda dapat login sebagai admin dan mulai memposting tulisan atau menata lebih lanjut tampilan website atau blog Anda.
Pada masa mendatang, Anda juga dapat melakukan upgrade via Fantastico jika ada versi baru bagi aplikasi web atau CMS yang telah Anda instal. Dengan demikian, sistem Anda akan diperbarui dan up to date sesuai versi terakhir yang tersedia di Fantastico.

Demikian juga, jika Anda ingin berganti aplikasi web atau CMS, maka Anda dapat membuang instalasi dan konfigurasi yang telah terinstal dengan cara mengklik link Remove pada deskripsi item aplikasi web atau CMS yang telah Anda instal di daftar Fantastico.


1 komentar: