Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Minggu, 05 Agustus 2012

Mengetahui Hak Anda Sebagai Pemilik Nama Domain

Ada banyak layanan pendaftaran nama domain di internet yang dapat Anda manfaatkan jasanya. Salah satu cara yang populer dengan memanfaatkan jasa pendaftaran nama domain dari para penyedia hosting di dalam negeri. Mereka akan membantu mendaftarkan nama domain untuk Anda.

Dalam hal ini, Anda akan menjadi pemilik sepenuhnya dari nama domain tersebut. Segala informasi domain seperti Registrant/Owner Contact (Pemilik), AdministrativeBilling Contact, dan Technical Contact akan merujuk kepada Nama Anda atau Nama Perusahaan Anda. Penyedia layanan pendaftaran domain hanya akan membantu mendaftarkan dan menangani segala hal yang berhubungan dengan teknis nama domain.

Hak Pemilik Domain


Selain itu sebagian penyedia layanan juga menyediakan interface Domain Manager untuk membantu Anda mengelola segala hal yang berhubungan dengan nama domain Anda sendiri, tanpa perlu tergantung kepada sang penyedia. Melalui Domain Manager, Anda dapat menggunakan fasilitas-fasilitas pengelolaan domain, seperti :
  • Mengubah informasi kepemilikan nama domain Anda.
  • Mengubah status security domain (Lock / Unlock Domain) untuk menghindari transfer domain oleh orang lain.
  • Mengubah Name Server dan Child Name Server sendiri jika Anda berencana menggunakan hosting pada perusahaan hosting lain.
  • Melakukan transfer domain sendiri.
  • Mengetahui status billing dan tanggal berakhirnya domain Anda.
Jadi, jika Anda memilih memindah nama domain tersebut ke perusahaan web hosting lain, Anda dapat dengan mudahnya memindahkan domain Anda berhubung Anda sendiri yang me-manage nama domain tersebut. Anda berhak karena Anda adalah pemilik dari domain itu sendiri. Ini perlu Anda catat, mengingat beberapa perusahaan hosting tidak menerangkan mengenai hak kepemilikan domain itu sendiri yang pada ujungnya akan menyulitkan Anda di masa mendatang.



1 komentar: