Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Senin, 02 April 2012

Cara Memutar Sembarang File Multimedia (Lagu dan Video)

Dewasa ini banyak tersedia software multimedia player, yang populer di antaranya adalah Windows Media Player (default Windows), WinAmp, QuickTime, dan RealPlayer. Namun sayangnya, sebagian besar software-software ini kemampuan atau kompatibilitasnya terbatas. VLC Media Player lah yang menjadi solusi tepat untuk mengatasi kendala ini.

VLC Media Player adalah software multimedia player yang sangat portabel. Software ini memiliki kemampuan untuk membaca beragam jenis file multimedia dan membaca berbagai media sumber materi multimedia. Singkatnya, software ini bisa dipakai untuk memutar sembarang file multimedia, baik yang ada di komputer, keping CD atau DVD, hingga untuk streaming di internet.

VLC Media Player bisa diperoleh secara gratis dan bersifat open source. Software ini tersedia dalam berbagai platform sistem operasi, mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya.

Untuk mendownload secara gratis, kunjungi situs VLC di : http://www.videolan.org/vlc/. Pilih jenis VLC Media Player yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Sebagai contoh, klik Windows untuk VLC versi Windows. Klik link Download pada salah pilihan jenis file sumber download, misalnya di Windows self-extracting package yang tersedia. Besar file installer VLC Media Player sekitar 18 MB.

Instalasi VLC Media Player sangat mudah. Buka lokasi penyimpanan hasil download, lalu klik dua kali file hasil download dan ikuti langkah instalasi.

VLC Media Player

Di balik tampilannya yang sederhana, pemutar file multimedia ini dilengkapi dengan beragam fitur tambahan, seperti kemampuan subtitle, tag format, konversi, filter, skin, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, tersedia dalam bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi. Bahkan, software ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet.

Untuk memutar lagu atau video, dapat dilakukan melalui beberapa cara:
  • Jalankan VLC melalui Start > VideoLAN > VLC Media Player. Setelah jendela VLC terbuka, klik menu Media. Pilih jenis media yang ingin Anda mainkan, apakah sebuah file di komputer, keping CD/DVD, atau sumber lainnya.
  • Browse file multimedia di komputer atau di media lain seperti CD/DVD melalui Windows Explorer atau My Computer, klik kanan file lalu pilih Open With > VLC Media Player
Anda dapat menjadikan VLC Media Player sebagai default player bagi komputer Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot memilih player saat membuka file multimedia. Caranya browse file multimedia via Windows Explorer, klik kanan lalu pilih Open With > Choose Default Program. Pada daftar yang tampil, pilih VLC Media Player dan jangan lupa klik kotak Always use the selected program... untuk memberikan tanda centang agar VLC menjadi player default.

Selain untuk memutar multimedia, Anda bisa mengubah-ubah format file sebuah konten multimedia menggunakan VLC. Caranya:
  1. Pada jendela VLC Media Player, klik menu Media > Convert/Save.
  2. Pilih sumber file yang akan Anda konversi dengan mengklik tab yang tersedia. Anda bisa menggunakan sumber file di komputer, keping VCD, DVD, atau CD Audio, jaringan komputer, atau bahkan dari perangkat digital lain yang terhubung ke komputer. 
  3. Sebagai contoh, untuk mengubah file dari komputer, pada tab File klik Add. Pilih file multimedia yang akan Anda ubah, sebagai contoh pilih sembarang file berekstensi .wma (format file Windows Media Audio) di folder Sample Music Windows Anda. Klik Convert/Save
  4. Pada kotak Convert, tentukan nama file dan lokasi penyimpanan hasil konversi nantinya. Klik Browse, lalu pilih lokasi simpan dan berikan nama file dan ekstensi-nya, misalnya konversi.mp3. Klik Save
  5. Pada bagian Profile, tentukan format output filenya, misalnya dipilih Audio – MP3
  6. Klik Start. Tunggu proses konversi yang ditunjukkan berupa tampilan VLC yang memutar file tanpa sajian suara atau gambar. Hasilnya bisa Anda periksa di folder penyimpanan hasil konversi yang telah Anda tentukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar