Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Selasa, 03 April 2012

Mengenal Model Jaringan Periklanan untuk Website dan Blog

Internet telah menjadi media bisnis dan promosi yang sangat handal. Bukan rahasia lagi jika internet menjadi tempat yang strategis dan menjanjikan untuk mencari uang. Siapa pun bisa turut andil dalam dunia bisnis dan promosi di internet ini, termasuk Anda. Jika Anda berniat me-monetize website atau blog (menggunakannya untuk mencari uang), maka kenali dahulu model-model jaringan periklanan online.

Dewasa ini, di internet ada berbagai model jaringan kemitraan bisnis yang lazim dimanfaatkan untuk me-monetize website dan blog. Secara garis besar, model yang ditawarkan antara lain:
  • Cost per Click: Merupakan model kemitraan yang paling diminati saat ini, lazim disebut juga Pay per Click. Anda menempatkan iklan berupa gambar banner atau teks daftar link, dan mendapatkan uang jika ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut. Tujuan pengiklan adalah mendapatkan pengunjung lewat web atau blog Anda. Contoh populer untuk model kemitraan ini adalah Google AdSense dan AdBrite.
  • Cost per Action: Hampir serupa dengan Cost per Click, bedanya Anda baru mendapatkan uang jika pengunjung yang melakukan klik iklan tadi selanjutnya melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk yang ditawarkan, bergabung dengan layanan yang ditawarkan, atau mendownload file yang ditawarkan (aksi yang dibayar tergantung keinginan pengiklan). Tujuan pengiklan tidak sekedar hanya mendapatkan pengunjung, tapi lebih spesifik lagi, yaitu adanya aksi atau transaksi. Model ini lazim disebut juga Affiliate Programs. Contoh populer untuk model kemitraan ini adalah program afiliasi Amazon Associates dan Commission Junction.
  • Selling Space: Berbeda dengan model Cost per Click dan Cost per Action yang mensyaratkan adanya aktivitas klik dari pengunjung agar Anda mendapatkan uang, model Selling Space lebih sederhana. Anda mendapatkan uang atas iklan yang terpasang di web/blog Anda meskipun iklan tersebut tidak diklik oleh pengunjung. Intinya, Anda menyewakan ruang di web & blog bagi pengiklan. Meskipun sederhana, mendapatkan iklan di model ini relatif lebih susah dibanding kedua model sebelumnya. Pengiklan akan melihat potensi web/blog Anda (misalnya dari sisi tema, statistik kunjungan, peringkat web atau blog Anda di Alexa.com, atau rating web/blog Anda di Google PageRank), jika bagus maka mereka akan memutuskan untuk beriklan di tempat Anda. Contoh populer untuk model kemitraan ini adalah Text Link Ads.
  • Paid for Content: Merupakan model kemitraan ulasan atau review, yang lazim disebut juga Paid Review atau Pay per Post. Anda mendapatkan uang dari pengiklan atas posting Anda yang berisi ulasan mengenai produk atau jasa mereka. Tentunya posting Anda mengandung ‘pesan sponsor’. Pengiklan akan menilai potensi blog Anda dan menawarkan kerjasama penulisan review produk atau jasa mereka dengan ketentuan-ketentuan tertentu, misalnya seberapa panjang ulasan Anda (dalam kata atau karakter), sifat ulasan (biasanya ulasan positif), kemurnian artikel (tidak menyalin dari tempat lain), penyisipan kata tertentu, penempatan sejumlah link dalam artikel, dan sebagainya. Contoh populer untuk model kemitraan ini adalah ReviewMe dan SponsoredReviews.
Model mana yang pas untuk website atau blog Anda? Semua tergantung pada Anda. Masing-masing model kemitraan memiliki keunggulan yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi dan target pengunjung web dan blog Anda. Jika web/blog Anda masih baru atau masih sepi pengunjung, mungkin lebih tepat jika Anda memulainya dari model Cost per Click atau Cost per Action, karena iklan lebih mudah diperoleh. Anda dapat mencoba bermain di Selling Space jika web atau blog Anda mulai dikenal banyak orang. Jika Anda mengelola blog dengan tema khusus dan Anda memiliki latar belakang yang bagus di bidang tersebut, maka Paid for Content tentu lebih pas buat Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar