Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Senin, 09 April 2012

Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan di Internet ?

Internet begitu diminati, tapi sebenarnya apa saja yang ada di Internet ? Banyak dan serba ada ! Internet bukan hanya soal beraktivitas di Facebook, Twitter, atau Google. Masih banyak yang bermanfaat dan bisa Anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas di layanan internet yang populer :
Layanan Internet

Browsing Internet

WWW (World Wide Web) atau lazim disebut Web adalah layanan penyajian informasi di Internet. Untuk mengaksesnya, kita memakai program yang disebut web browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera. Web merupakan layanan Internet paling populer saat ini. Aktivitas menjelajahi web inilah yang lazim disebut dengan browsing atau surfing di Internet.

Web menyediakan informasi mengenai berbagai hal melingkupi hampir seluruh aspek kehidupan. Melalui layanan web, kita dapat melakukan pencarian atas informasi tertentu, mengunjungi situs penyedia informasi, dan menyalin informasi yang tersaji ke dalam komputer. Melalui web pula, kita dapat berbelanja secara online, mengunjungi perpustakaan terlengkap di Internet, membaca berita terkini, menyalin berbagai jenis program komputer, gambar, lagu, bahkan video yang tersedia secara gratis. Di sini pula kita dapat berinteraksi dengan orang lain melalui jaringan pertemanan semacam Facebook dan Twitter.

Berkirim Surat Elektronik (E-mail)

E-mail (Electronic Mail) adalah layanan pertukaran pesan elektronik via Internet. Setiap pengguna layanan e-mail memiliki sebuah alamat e-mail. Alamat e-mail ini akan menjadi tujuan pengiriman dan penerimaan pesan. Setiap alamat e-mail memiliki susunan unik, sehingga tidak akan terjadi kesalahan pengiriman. Karena keunikannya inilah, maka kini e-mail pun secara de facto sudah menjadi tanda identitas seseorang di Internet.

E-mail dapat diperoleh secara gratis di berbagai situs web penyedia layanan e-mail. Contoh populernya adalah layanan e-mail Yahoo! Mail dan Gmail.

Kelebihan e-mail antara lain kecepatan pengiriman, kemudahan pengiriman pesan massal, dan kemampuan pengiriman file-file komputer sebagai lampiran pesan. Tidak seperti pengiriman surat melalui jasa pos yang membutuhkan waktu beberapa hari, pengiriman pesan melalui e-mail dapat tersampaikan dalam hitungan detik. Pengiriman surat dengan isi yang sama kepada beberapa orang sekaligus dapat kita lakukan dalam sekali pengiriman.

File-file hasil pengolahan angka, dokumen, gambar, maupun materi audio-visual dapat kita lampirkan pada pesan e-mail yang kita kirimkan. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya.

Berkomunikasi Lewat Internet (Chatting)

Chatting adalah berkomunikasi secara langsung via Internet. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan cara saling membalas pesan teks. Namun demikian, chatting kini mengalami inovasi. Komunikasi tidak hanya bisa dilakukan via teks pesan, namun juga melalui suara dan bahkan video.

Kita bisa chatting untuk melakukan komunikasi dua arah dengan seorang rekan, atau melakukan komunikasi secara massal dengan beberapa orang sekaligus. Model dan layanan chatting juga beragam, yang populer antara lain menggunakan program mIRC dan Yahoo! Messenger.

Transfer File

FTP (File Transfer Protocol) adalah layanan pertukaran file di Internet. Teknik pertukaran data file dapat kita lakukan dengan cara menjalankan sebuah program untuk mengakses sebuah server FTP, misalnya FileZilla.

Setelah terhubung ke FTP, maka aktivitas pengiriman, penghapusan, dan penggandaan file atau folder dapat kita lakukan, seperti layaknya pada pengelolaan file dan folder di dalam komputer. Tentunya ini hanya bisa kita lakukan jika kita memiliki hak akses penuh di server FTP tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar