Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Kamis, 19 April 2012

Tips Optimasi Meta Tag

Pada bagian HEAD dokumen HTML, terdapat beberapa tag META. Tag-tag ini berisi informasi mengenai halaman web tersebut, namun tidak ditampilkan secara langsung di jendela web browser. Beberapa tag META bisa dioptimalkan untuk menunjang aspek SEO website atau blog.

Sama seperti teknik optimasi TITLE, Anda bisa mengedit file HTML secara langsung. Atau, gunakan plugin tertentu yang disediakan CMS atau blog engine Anda untuk mendapatkan tag META yang optimal. 
 
Untuk mengoptimasikan Meta Tag, silakan coba tip-tip berikut:
  • META description : untuk mendeskripsikan isi halaman web. Bagian ini akan ditampilkan search engine bersama TITLE pada halaman hasil pencarian. Search engine saat ini lebih memperhatikan kesesuaian antara TITLE, META, dan seluruh informasi di dalam halaman web Anda. Jadi, isikan deskripsi tag META dengan teks atau kalimat yang sesuai dengan isi halaman atau posting Anda. Usahakan panjang META ini search engine friendly, antara 120 karakter hingga 150 karakter saja. Mengapa ? karena hanya sepanjang karakter inilah informasi yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian.
  • META keywords : untuk menyebutkan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan isi halaman atau posting Anda. Setiap keyword yang disebutkan dipisahkan dengan tanda koma. Dewasa ini search engine sudah tidak mengindeks teks yang ada di META keywords. Anda tetap dapat menggunakannya dan akan sedikit membantu jika memakainya secara tepat. Usahakan META keywords hanya mengandung kata yang memang tampil di halaman atau posting Anda (bagian teks yang terbaca di browser). Batasi panjang maksimal teks keywords sekitar 800 karakter dan jangan ulang pencantuman sebuah kata yang sama.
  • META lain (misalnya META author dan META copyright), tidak banyak membantu posisi Anda di search engine. Penggunaannya optional sesuai kebutuhan. Misalnya META author dan copyright bisa Anda prioritaskan jika ingin menyatakan secara eksplisit bahwa halaman web tersebut adalah karya cipta Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar