Tahukah Anda?
Pencarian di blog ini menggunakan Mesin Pencari Buatan Indonesia!
Mari kita dukung!  Kunjungi dan gunakan Penjejak.com ! »

Minggu, 13 Mei 2012

Mengenal Sekilas tentang HTML

Ingin membuat halaman web? Ingin mengelola website sendiri di internet? Pelajarilah HTML. Pembuatan halaman web tidak terlepas dari bahasa pengkodean web, yaitu HTML (Hyper Text Markup Language).

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa pengkodean yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di sebuah program web browser. HTML sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman, melainkan sebuah standar tata cara penyajian teks dan materi pendukungnya agar dapat tersaji secara terstruktur di halaman web. Meskipun dewasa ini sudah banyak program bantu untuk membuat halaman web secara cepat dan praktis, namun untuk kebutuhan tertentu, penguasaan dasar-dasar pengkodean HTML tetap diperlukan.

Dokumen HTML adalah file halaman web. Jadi misalnya jika Anda membuka halaman Beranda, lalu berpindah ke halaman Kontak, maka sebenarnya Anda sedang mengakses file HTML Beranda lalu berpindah ke file HTML Kontak.

Cara paling mudah untuk mengetahui kode HTML sebuah halaman web adalah dengan perintah View > Source / Page Source pada web browser. Di sana akan ditampilkan kode sumber HTML yang digunakan untuk menyusun halaman web yang tampil di browser. Berikut contoh kode HTML halaman web mesin pencari Google.

Kode HTML Google
Kode HTML Google



1 komentar: